Skip to main content

Harimau Jawa Tidak Takut Sama Manusia

Berdasarkan ceritera kakek dan nenek saya serta para paman-paman saya yang merupakan orang jawa tempo dulu, mereka mengatakan bahwa harimau jawa tidak takut sama sekali jika bertemu manusia. bahkan manusianya yang takut. Menurut para orang tua zaman dulu, harimau jawa hanya memalingkan muka saja jika melihat manusia dan mereka terkesan acuh tak acuh terhadap manusia.

Beberapa sopir dumptruck senior yang pernah bekerja ketika pembangunan waduk sutami di karangkates mengatakan bahwa mereka sering melihat harimau jawa menyeberang jalan di malam hari. bukan hanya malam, bahkan pada siang haripun macan gembong berani menampakkan diri kepada beberapa pekerja proyek.

Bahkan ayah saya pernah menangkap 3 ekor anak harimau jawa yang masih kecil-kecil ketika sedang bertugas sebagai satpam di bengkel alat-alat besar milik jepang yang digunakan membangun bendungan sutami. pada pagi-pagi buta tiga ekor anak harimau loreng yang lucu-lucu tersebut mendatangi pos penjagaan di dekat lereng gunung kendeng, lantas di bawa pulang ole ayah saya.

Hanya menginap semalam dirumah, besoknya mereka dikembalikan lagi ke hutan oleh ayah saya. karena sang induk semalaman menggedor-gedor pintu belakang rumah saya. Tampaknya induk harimau loreng itu tahu kalau anak-anaknya ada di dalam rumah saya. ini terjadi sekitar tahun 1968 dimana saat itu hutan-hutan di pulau jawa masih lebat dan dipenuhi satwa liar. namun ini hanya cerita dari ayah saya saja karena ketika itu saya belum dilahirkan.

Menurut anda apakah sekarang ini harimau jawa masih ada?

Comments

Recent Posts

Show more