Skip to main content

Operator HMC/HMK di Luar Negeri Kerja 6 Jam Sehari

Operator harbour mobile crane seperti Liebherr LHM-550, Gottwald HMK-280, Fantuzzi reggiane, dan sebagainya, diluar negeri memiliki jam kerja yang ringan jika dibandingkan dengan di Indonesia. Hal ini berdasarkan pengalaman saya sebagai operator crane.

Misalnya di Malaysia, seorang operator hmc hanya bekerja efektif selama 6 jam dalam sehari. namun mereka diwajibkan standby di lokasi kerja/pelabuhan selama 12 jam. Di malaysia jam pokok ada 8 jam dalam sehari, jadi sang operator mendapatkan lemburan gratis sebanyak 4 jam perhari. lumayan.

Di Kuwait, seorang operator hmc bekerja efektif selama 6 jam dalam sehari, namun dibagi dalam dua tahap. tahap pertama pada pagi hari mereka bekerja selama 3 jam, kemudian tahap kedua selepas tengah hari mereka bekerja lagi selama 3 jam. jadi total bekerja efektif selama 6 jam. namun operator diwajibkan standby di pelabuhan selama 12 jam. sehingga jika dikurangi jam pokok selama 8jam, maka mereka akan mendapat jam lembur/overtime sebanyak 4 jam setiap hari. lumayan.

Di Indonesia, seorang operator hmc bekerja efektif selama 11 jam dalam sehari, dan operator diwajibkan berada di lokasi kerja selama 12 jam. mereka bisa istirahat selama 1 jam dalam sehari. jadi lemburan yang didapat adalah sebanyak 4 jam setiap harinya karena jam kerja pokok sebanyak 8 jam sehari. lumayan.

Jadi yang paling enak kerja dimana? tergantung bagaimana cara anda menikmatinya.

Comments

Recent Posts

Show more